Saturday, August 8, 2015

Cara Mengatasi Baterai Laptop " Consider replacing your battery " atau muncul tanda silang merah pada bateray laptop



Dalam kesempatan kali ini ane mau berbagi sebuah tips berdasarkan pengalaman memperbaiki laptop temen ane. setelah searching dan tanya - tanya” temen, akhirnya ane dapet juga ni solusinya yaitu tentang cara memperbaiki  baterai laptop yang mengalami "consider replacing your battery " atau munculnya tanda silang merah pada indikator baterai.

Kejadian seperti ini biasanya terjadi pada Windows 7 yang menganggap baterai laptop sudah tidak layak digunakan dan sudah saatnya ganti. Pada saat itu ane udah bingung banget ternyata solusinya Cuma harus kalibrasi battre aja karena ada system registry yang error saat penginstallan.


Apabila mengalami masalah "consider replacing your battery " seperti di atas, Anda tidak perlu panik ataupun buru - buru membeli baterai baru. Ada suatu cara sederhana yang harus Anda coba untuk menghilangkan notifikasi yang mengganggu tersebut. Berikut langkah - langkahnya :



-          Charge baterai sampai penuh ( 99% - 100% ), setelah itu matikan laptop Anda dan sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya.
-          Hidupkan laptop Anda lalu tekan F8 berulang - ulang sampai muncul Menu " Advance Boot Options ", pilih " Safe mode "



 



-          Setelah masuk ke dalam Windows " safe mode ", cabutlah charger baterai laptop Anda.






-          Biarkan saja Laptop menyala sampai mati sendiri karena kehabisan baterai. Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan Laptop Anda selama proses ini berlangsung. Biarkan saja sampai laptop mati sendiri.

-          Setelah Laptop mati dan baterai laptop bener - benar habis, pasang kembali charger baterai laptop Anda, lalu hidupkan laptop Anda dengan normal. Hasilnya semua kembali normal. 
Notifikasi "consider replacing your battery " dan tanda silang merah pada indikator baterai sudah tidak muncul lagi.



Teknik di atas adalah suatu cara untuk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop Anda. Dengan menjalankan Laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh ( kapasitas 100% ) sampai benar - benar habis ( 0% ), maka Wndows 7 jadi " tahu " atau mendeteksi kapasitas sebenarnya ( real capacity ) dari baterai laptop dan secara otomatis men-setting ulang parameter - parameter yang berkaitan dengan baterai laptop tersebut.
Sekian dulu tips kali ini semoga bermanfaat.
Wassalam,,





No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sobat :
Tapi mohon yang sopan, dan jangan Nyepam, di tunggu kunjungan berikutnya :)