Tuesday, March 8, 2016

Cara mengetahui CPU komputer atau laptop kita support 32-bit dan 64-bit



Asssalamualaikum wr. Wb.
Dalam kesempatan siang hari ini ane mau share bagaimana cara mengetahui  CPU komputer atau laptop kita support 32-bit dan 64-bit. Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan sistem 32-bit dan 64-bit.
jika dilihat, istilah 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara komputer prosesor menangani informasi. 64-bit versi windows menangani sejumlah besar RAM lebih efektif daripada sistem 32-bit. Pada dasarnya sistem 64-bit jauh lebih unggul dibandingkan os 32-bit. Jadi, secara sederhana perbedaannya terletak pada jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor .karena pada sistem 64-bit dapat memaksimalkan RAM sampai dengan 192 GB, sedangkan sistem 32-bit hanya bisa sampai 4GB.
Nah sebelum mengetahui apakah komputer kita mendukung sistem 64-bit atau tidak, sebaiknya kita lihat dulu sistem operasi yang kita gunakan sekarang, apakah windows 7 atau windows 8 32-bit atau bahkan 64-bit?. Nah berikut ini adalah cara mengetahui sistem operasi  kita 32-bit atau 64-bit:
1.       Cari icon my computer di laptop / PC  sobat pada dekstop, atau di start menu.
2.       Klik kanan pada “ My Computer”
3.       Pilih properties, maka akan muncul tampilan informasi seperti ini:


Perhatikan pada bagian sistem type, jika tertulis 64-bit, berarti system yang sobat gunakan adalah system 64-bit, begitu juga sebaliknya.  kalau OS saya sendiri yaitu menggunakan 32-bit, terlihat pada gambar diatas.
Setelah sobat tau tipe system operasi yang kita gunakan, apakah 32-bit atau 64-bit.

Nah sekarang kita akan mengetahui apakah laptop/ PC kita support 64-bit atau tidak. Berikut adalah caranya :

1.       Download dulu sofware securable (software ini dapat mengetahui secara lengkap apakah support 64-bit atau tidak. Ukuran softwarenya Cuma 115 kb).  Untuk download, silahkan klik disini
2.       Setelah  download, ekstrak dan buka sortware tersebut .
Software securable tidak perlu diinstall karena software ini portable. Tunggu beberapa saat, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :


Perhatikan pada bagian “64 maximum bit length” yang berwarna biru. Angka tersebut  menunjukkan bahwa sistem komputer kita mendukung sistem 64-bit.

Nah sekarang sobat bisa sudah bisa menentukan pilihan, jika sobat sedang menggunakan windows 7 32-bit, sobat bisa Upgrade ke sistem 64-bit, asalkan CPU atau sistem laptop sobat mendukung memori lebih dari 4 GB, jika tidak, sebaiknya tidak usah, karena tidak akan maksimal..
Oke cukup sekian dulu dari ane, semoga bermanfaat,,


Wassalam,,,




No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sobat :
Tapi mohon yang sopan, dan jangan Nyepam, di tunggu kunjungan berikutnya :)